Cari Blog Ini

Senin, 07 Januari 2013

Kelebihan New Vixion Lightning Yang Belum Terekspose Bag.2 - Karet Penutup Bagian Belakang Radiator


Hmm...setelah kita membahas kelebihan New Vixion yang pertama mengenai Reflektor Lampu Utama, sekarang kita akan membahas mengenai Karet Penutup Bagian Belakang dari Radiator. Busyet...namanya panjang banget ya :p Tapi karena setelah browsing2 nggak menemukan istilah pendeknya, akhire tetep pake istilah ini dah :)

Kalau kita memakai Vixion lama (dan banyak motor sport berradiator lainnya), ketika mesin panas (kurang lebih 90°C) maka kipas radiator akan berputar dengan tujuan untuk mendinginkan mesin. Nah..ketika kipas berputar, maka kita akan merasakan hawa panas pada betis (kalo parah, bisa sampe paha neh). Sebenarnya gak ada efek samping yang sangat fatal dengan hal ini, akan tetapi pasti akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Untuk itulah, NVL hadir memberikan solusi yang murah, akan tetapi kelihatannya lumayan efektif (sekali lagi, "kelihatannya" lho ini, saya belum nyoba, mungkin kalau udah ada yang mencoba, silakan berkomentar di sini). Dikarenakan dengan bentuk karet yang tertekuk ke bawah seperti pada gambar (lihat yang di dalam area merah ya), maka aliran udara panas akan terbelokkan ke arah bawah. Selain melindungi kaki pengendara dari hawa panas, karet ini juga dapat melindungi komponen kabel yang berada di belakang kipas radiator. Dikarenakan isolasi kabel yang terbuat dari karet akan mudah menjadi getas apabila sering terekspos udara panas terus-menerus, dan hal ini nggak baik untuk kesehatan kabel itu sendiri.

Sayang sekali, part ini belum ada di katalog part resmi di situsnya Yamaha. Setelah muter2 tiga kali di beres, juga belum ada part seperti ini. Padahal, sepertinya pemasangannya tinggal pnp ama old vixion lho. Kalau ada yang udah masang, atau tahu tempat jualnya, kasih review di sini ya gan :)


Yahhh....tapi ini cuman sekedar pemikiran sederhana dari orang yang baru hanya melihat penampakan NVL ini. Bukan FB ato BC, yang jelas, ini murni dari ide yang terlintas ketika melihat penampakan aseli NVL :)

Bagi yang punya sanggahan atau tambahan ide, silakan berkomentar ya (y)

6 komentar:

  1. keren bgt artikel nya gan :) eksplorasi nya beda bgt dr blog2 laen. just suggest utk kedepan coba review produk laen. keep creative gan! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...sayangnya gak semua temenku punya produk yang bisa direview gan :o

      Hapus
  2. FZ150 V-IXION 1PA-E2467-00 COVER, RADIATOR 1 21,000.00

    udah ada itu bro di part catalogue online :D

    BalasHapus
  3. kalo kipas radiator di buat nyala sblum suhu air raditor mncape 90 drjat ,bsa ga gan? misal di kisaran 60-70 drjat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...seharusnya bisa tuh, dengan ngeset/ngganti termostatnya (tapi ini cuman pemikiranku aja, blm pernah tak coba juga)

      tapi emang buat apa? ntar malah kipas terlalu sering nyala, jadine cepet rusak malahan (cmiw)

      Hapus