Cari Blog Ini

Selasa, 21 Februari 2012

Spatbor Kolong a.k.a. Rear Fender

Setelah mengarungi jalanan dengan Vixionku selama beberapa lama, akhirnya aku menyadari bahwa:
  1. Cipratan dari ban ke kaki pengendara (baik itu depan maupun belakang) terlalu mantap (apabila tak bandingin dengan motor bebekku yang dulu).
  2. Shock breaker belakang terlalu cepat kotor ketika musim hujan (walaupun sudah dipasangin karet pelindung shock breaker).
  3. Cipratan ke kaki pembonceng semakin menjadi-jadi, ketika melewati daerah basah, pasti pembonceng akan sangat merasakannya.
Sepertinya ini dikarenakan ban motor sport yang lebih gede ukurannya daripada ban bebek. Dan juga bentuk bodi motor yang nggak ada penutupnya. Ini akan diperparah ketika menggunakan ban jenis garuk tanah (memakai kotak tahu di ban, kayak crosser itu lah). Memang, untuk menghindari hal seperti itu nggak akan bisa 100%, akan tetapi paling nggak pasti ada cara untuk mengurangi.... setelah bertapa selama beberapa hari, akhirnya aku menemukan beberapa solusi:
  1. Kembali menggunakan Honda Astrea Grandku >> Tapi opsi ini aku tidak suka, karena cipratan ban belakang ke boncenger lebih parah, dikarenakan spatbor belakang grandku udah nggak ada topinya. Alhasil ketika hujan atau melibas track basah, pembonceng pasti akan mandi gratis di bagian punggung dong. Kasiannnn....
  2. Menggunakan motor matic, yang notabene sangat membantu menghindari dari cipratan ban depan maupun belakang >> Heh...opsi yang sangat tidak ku suka...emang ganti motor matic tidak nambah biaya apa...kan aku nggak punya motor matic. Lagian kalo pake matic, kurang sreg kalau tak bawa jalan2 jauh :p
  3. Setelah melihat2 Vixion SE, sepertinya ada opsi yang bagus nih, dan memungkinkan untuk dilakukan. Yaitu memasang Cover Engine depan (sampai saat ini belum menemukan yang cocok) dan Spatbor Kolong. Ayo hunting...... :D
Setelah keluar masuk toko variasi dan mensurvey harganya, kutemukan wujud yang sesuai dengan incaranku dan dekat rumahku :) sipp...saatnya memasang...
Maaf...karena hujan rintik2 dan terburu-buru, nggak sempet foto2 di toko. Barang seharga nggak lebih dari 50k ini juga gak ada foto sebelum dipasang, pokoke langsung bawa pulang aja terus tak pasang sendiri, berikut langkah pemasangannya:
  1. Lepas keteng rantai asli (namanya apa yah, pokoke itu lho, yang digunakan untuk menutup rantai, terbuat dari plastik).
  2. Lepas roda belakang (kata yang jual, tanpa melepas roda juga bisa koq masangnya, tapi karena tak coba2 tetep gak bisa masuk, ya udah, nyopot roda aja lah).
  3. Lepas karet pelindung shock breaker (opsional >> aku mikirnya, spatbor kolong di Vixion SE aja nggak pakai pelindung karet koq, lagian cipratan lumpur kan bakal terhalang spatbornya >> cara pandang yang salah, akan saya ralat kemudian).
  4. Pasang spatbor belakangnya, PnP koq ama dudukan asli, tinggal masang lagi baut yang dari keteng tadi. Untuk bagian kanannya dapat ditambahi baut atau tali pengikat (opsional, karena tidak ditambahi juga cukup kuat koq).
  5. Biar bisa jalan, pasang kembali rodanya :p di bawah adalah penampakannya
Rear Fender

Hihihi...cukup keren yah (menurutku sih). Lagian modelnya juga sama seperti milik Vixion SE (IMO). Dan setelah tak buat jalan2 beberapa lama, menerobos medan yang sulit, dari gunung hingga lembah (lebay mode: ON) akhirnya aku menyadari bahwa pemasangan Spatbor Belakang saja masih bikin masalah, yaitu kotornya shock breaker belakang. Huhhh...koq kayaknya nggak beres terus sih. Dan setelah tak lihat2, sepertinya masalah ini bisa diatasi dengan memasang karet pelindungnya lagi dah. Akhirnya tak ulangi lagi dah, jadi tak lepas lagi spatbornya, kemudian tak pasang karetnya dulu, baru tak pasang lagi spatbornya. Hehe...mantap, shock breaker belakang jadi lebih terjaga kebersihannya dah :)

Bagian yang dilingkari biru adalah karet pelindung yang dimaksud.

Selama beberapa waktu menggunakan Spatbor belakang ini, beginilah review dariku:
  1. Good Looking, yah...jadi gak keliatan standar2 amat dah :8
  2. Lumayan mengurangi cipratan air bercampur kotoran dari roda belakang (saya bilang lumayan lhooo...).
  3. Ekonomis, hehe, dengan budget kurang dari 50k sudah bisa mendapatkan penampakan yang menyerupai Vixion SE
  4. Sangat membantu untuk menjaga kebersihan Shock Breaker belakang. Karena letaknya yang sangat tersembunyi membuat Shock Breaker belakang jarang dibersihkan (untukku sih), jadi menjaga kebersihannya akan sangat membantu untuk menjaga umurnya 'v'
Berikut beberapa penampakan hasil pemasangan Spatbor Belakang a.k.a. Rear Fender di Vixionku

Hmmm...gimana pendapatmu???

4 komentar:

  1. Pertamax
    pertamax
    xixixi......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...semoga kalau dapet rejeki dapet ngisi pertamax terus gan :)

      Hapus
  2. lanjutkan ngeracunin piksennya :D http://brigade15.wordpress.com/

    BalasHapus
  3. PROMO DARI NABILA SAIRA SHOP UNTUK 2015 BERBAGAI TIPE HANPHONE SEPERTI . Bila berminat silahkan HUB-SMS 085-757-299-675 PIN BB 24C4A399 klik web kmi http://nabila-saira-shop.blogspot.com/
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.800.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9790 Onyx 3 Rp.1.100.000
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Core duos Rp.900.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 .Rp.2.100.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.3.100.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.900.000

    BalasHapus