Cari Blog Ini

Kamis, 01 September 2011

Menambah kabel di sistem ground lampu utama Vixion

Setelah memegang si marun selama 6 bulan, akhirnya yang biasa dirasakan oleh vixioners kurasakan juga. Semakin aku menyadari, bahwa kalau kondisi lampu menyala (terutama ketika lampu sein juga menyala) dan kita menekan klakson, suara yang keluar akan sember (kekurangan arus, suara kayak kehabisan aki). Padahal waktu itu, kondisi kelistrikan masih standar abis, nggak ada modifikasi sama sekali. Dan sehabis cari2 info, ini disebabkan karena sistem pengkabelan si marun yang terlalu membebankan kepada satu kabel gound utama.

Sehabis tanya sana-sini, lewat forum vixi, juga lewat mekanik di BeRes (Bengkel Resmi) Yamaha, akhirnya berani juga aku “sedikit” memodifikasi kelistrikan si marun J
Program modifikasi ini adalah “memberikan kabel tambahan di ground lampu utama”. Dengan cara ini, diharapkan arus yang melewati kabel dapat terbagi, sehingga ketika semua lampu menyala, kabel ground utama tidak terlalu terbebani arus yang terlalu besar, hal ini diharapkan dapat menstabilkan arus yang mengalir.

Bahan yang diperlukan di sini adalah :
1.       Kabel serabut (biar lebih lentur) yang kuat untuk arus max 5A (karena daya lampu utama adalah 35W, dengan tegangan 12V, maka arus rata-rata lampu utama 3A) sepanjang 1,5 meter.
2.       Konektor aki 1 buah.
3.       Skun female 1 buah.
4.       Selang transparan diameter ± 0,7mm  sepanjang 2cm untuk menutup sambungan skun female.

Dan alatnya :
1.       Solder + Tenol, untuk menghubungkan kabel dengan konektor aki.
2.       Korek api untuk mengelupas isolator kabel.
3.       Lem tembak (Lem lilin) untuk menutup sambungan (diharapkan lebih tahan cipratan air) sekaligus memperkuat sambungan kabel dengan konektor aki dan skun.
4.       Tang jepit, untuk membengkokkan skun dan mengkaitkannya di kabel.
5.       Obeng (+) untuk membuka kap lampu depan dan bodi samping kanan.
6.       Kunci Ring/Pas/Shock ukuran 10 untuk membuka pengait tanki dan bodi samping kanan.
7.       Kunci L kecil (tersedia di tool kit Vixion) untuk membuka Panel Depan Kanan.

Caranya merangkai kabel tambahan :
1.       Kelupas kedua ujung kabel sepanjang ± 0,5cm, pertama-tama bakar isolator menggunakan korek api, kemudian tarik isolator menggunakan tang jepit.
2.       Sambungkan satu ujung dengan konektor aki (menggunakan solder dan tenol), kemudian tutup sambungannya menggunakan lem tembak.
3.       Sambungkan ujung satunya dengan skun female menggunakan tang jepit lagi. Untuk hasil terbaik, silakan lihat contoh penyambungan skun di kabel2 vixion J
4.       Agar lebih tahan cipratan air dan senggolan dengan bodi, pasangkan selang ke sambungan skun female, dan tutup pangkal selang menggunakan lem tembak.

Sedang cara untuk memasang kabel pada si marun :
1.       Lepaskan 2 baut di bawah kap lampu depan dengan menggunakan obeng (+). Tarik ke atas kap lampu bagian depan, sehinggal tutup lampu bagian depan akan lepas.
2.       Lepaskan juga pengait tanki (ada di bagian depan tanki), tapi tidak usah melepas baut pengikat bagian bawah tanki. Setelah itu angkat tanki, kemudian ganjal dengan kayu (Lihat gambar).


3.       Lepaskan Panel Depan Kanan (A) menggunakan kunci L kecil dan Penutup Samping Kanan (B) menggunakan obeng + dan kunci 10 (lihat gambar)


4.       Setelah itu, kita kembali ke kap lampu depan. Kita akan memasang kabel tambahan ke kabel lampu utama. Pertama-tama lepas kabel hitam yang keluar dari lampu utama (Ada 2 kabel hitam, yang pertama kabel agak kecil tanpa sambungan, ini untuk lampu indikator tembak di panel speedo, jangan dilepas. Yang kedua adalah kabel agak besar yang ada sambungannya, kabel ini masuk ke rangkaian ground utama, lepas saja dengan menarik sambungan yang tertutup selang kecil). Kemudian tancapkan skun male dari kabel hitam lampu dengan skun female buatan kita (lihat gambar, A adalah hasil penyambungan, B adalah sisa kabel yang dibuat melingkar dan disisipkan di pengait kiri).


5.       Hampir terakhir, kita akan mengurutkan pengkabelan dan menatanya serapi mungkin. Pertama, lewatkan kabel yang akan menancap di aki melalui lubang kap lampu bagian bawah. Kemudian ikuti sistem pengkabelan utama memutari delta box bagian depan. Dari bagian kanan delta box (Gambar A), tarik ke belakang hingga ke samping aki. Terakhir belok ke bagian negatif aki dan pasang konektor ke pool negatif aki menggunakan obeng (+) (Gambar B).



6.       Terakhir sebelum memasang kembali, kita akan mencobanya terlebih dahulu. Hidupkan kunci kontak dan hidupkan saklar lampu depan (bagi Vixi yang belum SOLO/AHO). Cek apakaah sudah menyala dengan normal. Kalau sudah rapikan kembali rangkaian kabel, pastikan jangan sampai kena mesin atau terjepit, kalau perlu ikat di rangka. Dan jangan lupa untuk memplester kabel yang keluar dari kap lampu utama.
7.       Kalau ini benar-benar yang terakhir nih. Pasang kembali seperti semula. Dan selamat menikmati vixion baru dengan sistem kelistrikan yang lebih stabil J

Untuk semakin memastikan, silakan dibandingkan, ketika lampu utama menyala, lampu sein dinyalakan dan rem ditekan, hidupkan klakson, bandingkan sebelum dan sesudah modifikasi dilakukan.

NB : Kalau merasa ada masalah, bisa langsung dikembalikan seperti standarnya hanya bermodalkan obeng (+) saja. Lepaskan Kap Lampu depan, lepaskan sambungan modifikasi, pasangkan kembali ke sambungan standarnya.

TABEL PERBANDINGAN SISI POSITIF DAN NEGATIF MODIFIKASI
No.
POSITIF
NEGATIF
1
Sistem kelistrikan lebih stabil, lampu nggak kedip-kedip, bunyi klakson lebih mantap, kerja fuel-pump lebih lancar.
Bisa dianggap melanggar garansi kelistrikan, KONSULTASIKAN DULU DENGAN PIHAK BERES.
2
Ada backup saluran ground, ketika ground depan putus dan lampu2 indikator mati, lampu utama masih bisa hidup.
Sistem pengkabelan jadi lebih ribet, usahakan merapikan serapi mungkin agar tetap terlihat cantik.


30 komentar:

  1. Pertamax mas bro..haha...

    Akhire garansi ilang ra kwi???
    wah mending njaluk pasangke beres lah..
    Kr2 yn kabel ground bebane gede trus biso ra kuat trus plastik isolator e leleh ra y??

    masih sayang buat mbongkar Black Vixi ku...

    BalasHapus
  2. Hihihi...sebenarnya bisa ngilangin garansi sih, tapi aku ngobrol2 karo Chief Mechanic Beres langgananku, hasilnya bisa tetep lanjut tuh garansinya.
    Buktikan wae, kalau dengan cara ini fluktuasi tegangan dan arus bisa diminimalisir.
    Sing jelas aku pake kabel yang tebel, jadi sebelum kabel groundingnya yang leleh, haruse kabel2 asli yang gak kuat duluan. Tapi asal masangnya tepat, gak bakal bermasalah koq.

    NB1:Beres gak bakal mau masangin part yang bukan asli bawaan merk itu. Yaaa...kecuali ada hubungan kekerabatan sih :)

    NB2: Sekarang sistem grounding ini tak ganti dengan tambahan Capacitor Bank, akan saya ulas di post selanjutnya :)

    BalasHapus
  3. betul pemasangan ground tambahan memang mantap dulu aku pernah pasang ground tambahan di thunder 125.tapi sekarang aku pake vixion 2012 belum brani utak atik takut gransi ilang nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...kalo cuman kabel ground tambahan sih, pas aku tanyakan dulu ke chief mekanik beres, dibilang gak masalah, jadine tak lakukan saja. Tapi, saranku, sebelum melakukannya, silakan dikonsultasiin dulu dengan mekanik beres yang berkuasa, biar ketahuan gimana ntar masalah garansinya :)

      Hapus
  4. ijin nyimak bro purwo adi....
    sekarang lampu sein ku gak mau ngedip...masalah dimana nya ya? apa di flasher assy nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan nyimak mas bro Syamdika :)
      Lampu sein gak nyala? pertamanya kenapa nih?
      Iya sih, kemungkinan besar flashernya. Tapi dulu pas aku bawa honda grand, ada kemungkinan kabel atau bohlam lampunya juga sih. MM...perlu ngecek2 nih...

      Hapus
  5. Berarti kabel ground bawaan yang dicabur nganggur mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...kabelnya nganggur mas bro :)
      kalo teorinya sih, apabila ujung kabel yang nganggur itu kena body gak masalah.
      tapi biar lebih aman (untuk mengantisipasi ujungnya bakal kena kabel bertegangan), mending ujungnya diselotip aja :)

      Hapus
  6. klo ada gbr skemanya, tutorialnya bs lbh bagus lagi bro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...tanpa skema juga kayake bisa dimengerti kan :)

      Hapus
  7. bro..itu yang kabel hitam yang kita lepas brati udah ada skun male nya?? trus kita tancap skun female buatan kita...
    trus skun female yang asli dari jalur kabel hitam,, kita kemanain bro??
    otomatis kan kabel hitam lepas dari jalur aslinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabelnya nganggur mas bro :)
      kalo teorinya sih, apabila ujung kabel yang nganggur itu kena body gak masalah.
      tapi biar lebih aman (untuk mengantisipasi ujungnya bakal kena kabel bertegangan), mending ujungnya diselotip aja :)

      Hapus
    2. lha sbenarnya kabel nganggur itu asalnya darimana masbro?

      Hapus
    3. Itu asalnya dari negatifnya lampu asli, yang terhubung ke sistem ground motor secara keseluruhan (kan kabel ground/negatif di motor tu semua dijadikan satu).
      Karena ini negatifnya lampu bakal disambungin secara langsung ke negatif dari aki, maka kabel negatif lampu yang asli bakal nganggur

      Hapus
  8. Setelah ground lampu utama dipisah ada masalah gk bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang, dah hampir 3 tahun (kurang 3bln) belum ada masalah sih, mohon doa restunya ya gan :)

      Hapus
    2. hehehehe
      ane doain gk kenapa-kenapa gan...
      ane juga baru nyoba kyk agan soalnya... :D

      Hapus
  9. gan, gimana cara mengatasi dengan lampu utama 60 w tanpa mengganti accu
    padahal accu vixion 12 volt 3 ampere?
    maaf kalo keluar dr topik

    BalasHapus
  10. Ini blog yg aku cari, vixi ku lampu utama nyala + sein, indikator rpm nya naik turun, sepertinya perlu diterapkan nie.. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Tachometer naik-turun ketika pemakaian berat, bisa dicoba untuk mengecek akinya dulu. Tapi kalau akinya normal, bisa dipakai cara ini untuk lebih menstabilkan arus listrik. Semoga membantu :)

      Hapus
  11. Kalo misalnya di satuin ground asli nya sama ground buatan kita bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo. Kalau disatukan dengan ground asli, maka tidak akan ada perubahan yang berarti, dikarenakan arus akan balik ke aki hanya melalui kabel ground asli tersebut. Dimana ketika banyak peralatan yang dikonsumsi, jalurnya juga akan banyak terbagi.
      Lain halnya ketika kita bypass kabel ground langsung ke kutub negatif aki. Ini akan memastikan arus balik dari lampu akan langsung ke kutub aki, sehingga ketika kabel ground asli bermasalah, lampu tetap terang. Dan ketika titik grounding bermasalah, lampu tidak terkena imbasnya.

      Hapus
  12. Kabel masa lampu depan kalau di trmpel ke body motor bisa juga gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi alternatif juga nih :) Akan tetapi mohon diingat kalau body motor itu juga buat jalur arus negatif/massa dari banyak komponen, jadi kontak antara kabel untuk menyambungkan massa ke body motor diusahakan sebaik mungkin. Perlu diingat, hubungan body motor bagian depan dengan tengah menggunakan bearing pada komstir adalah koneksi listrik yang buruk, jadi usahakan massa dihubungkan dengan rangka/body motor bagian tengah/belakang.
      Artikel di atas adalah untuk mengantisipasi penumpukan massa/arus negatif pada body, untuk itulah dibypass secara langsung ke aki :)

      Hapus
  13. ko sama saja ya master..??, begitu lampu nyala, trus sy +in nyalain sein jarum RPM lgsung goyang2, malah lgsung ngedrop kebawah ga gerak sama sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah....ada 2 kemungkinan:
      1. Aki sudah drop dr awal. Harus ganti aki dan dicharhe dlu sebelum uji ulang.
      2. Terjadi korsleting. Lepas saluran kabel modifikasi, terus cek sekering sebelum coba lagi.

      Hapus
  14. Akhirnya ketemu juga artikel yg beginian. Sebelumnya makasih udah buat artikel ini, dan mudah²an bisa jadi solusi untuk NJMX saya. Udah di fullwave tpi pas lampu utama nyala terus lampu sein nyala ada efek kedip jdi redup terang kaya rebutan arus

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Mas lampu rem saya menyala tapi tidak bisa stand bye menyala terang terus tidak redup , ketika tuas rem di tarik lampu speedo dan lampu senja menyala (saklar non aho) ketika saklar saya naikan ke atas lampu rem belakang tidak redup tetapi langsung terang , kira kira permasalahannya di mana ya gan ? Sebelumnya motor sering mandi hujan karna di sini sedang musim hujan , kira kira apa harus di tambah ground juga ?

    BalasHapus
  17. kabel ground body nvl 2014 dimana y ada yg tau gk? soaln ya pasang lampu drl dikolong untuk skarang disalurkan ke aki (-) tpi lebih awet katanya ke ground body biar aki awet

    BalasHapus